Makalah
sistem komputer
Disusun
oleh:
Alpian
mimo
Paulus
dilo
Lukas
aryo
Sekolah menengah
kejuruan
Keling kumang
Alamat:jl.merdeka selatan km 2,RT 018
RW 007,DUSUN SUNGAI KAPAR
Desa sungai ringin ,kec.sekadau
hilir,kabupaten sekadau
SISTEM KOMPUTER
BAB 1 PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Komputer adalah sistem elektronik untuk
memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan
agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan
menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program
yang tersimpan pada memory (stored program), pernyatan tersebut merupakan
definisi computer menurut buku Computer Today (Donald H. Senders).
Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah
data, maka harus berbentuk sistem. Sistem adalah kumpulan elemen yang saling
berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses
pencapaian suatu tujuan utama.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah
mengolah data untuk menghasilkan informasi. Agar tujuan pokok tersebut dapat
terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari
sistem komputer tersebut adalah Software, Hardware, dan Brainware.
· Hardware
(perangkat keras/piranti keras) adalah peralatan pada sistem komputer yang
secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
· Software
(perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah
untuk melakukan pengolahan data.
· Brainware
adalah manusia yang terlibat di dalam pengoperasian suatu pengaturan sistem
komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus
saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software
tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan hanya berupa benda mati saja.
Software akan mengoperasikan hardware, hardware yang sudah didukung oleh
software juga tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia manusia yang
mengoperasikannya.
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah
sebagai berikut;
1. apa
saja komponen dari hardware, software, dan brainware?
2. bagaimana peranan ketiga
komponen tersebut dalam sistem komputer?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. HARDWARE (PERANGKAT KERAS) KOMPUTER
Istilah komputer diambil dari bahasa latin
Computare yang berarti menghitung (to conpute atau reckon). Dalam hal ini
berarti mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input
digital, memprosesnya, sesuai dengan suatu program yang tersimpan dimemory
(stored program) dan menghasilkan input informasi.
Hardware merupakan komponen fisik yang
digunakan untuk aktivitas input, proses, output dan penyimpanan pada suatu
sistem komputer. Komponen hardware terdiri atas berikut;
A. PERALATAN MASUKAN (INPUT DEVICE)
Adalah alat-alat yang digunakan untuk proses memasukan
data/informasi ke komputer. Jenis-jenis peralatan masukan adalah sebagai
berikut.
1. Keyboard, merupakan peralatan input yang
terdiri dari tombol-tombol huruf, angka dan karakter lain serta tombol fungsi.
2. Pointing device, merupakan peralatan input
yang dapat digerakandan memiliki petunjuk (pointer). Pointing device terdiri
dari;
· Mouse
· Pointing stick, berbentuk seperti pena kecil
dan digunakan untuk menulis pada layar di notebook tertentu.
· Trackball, mirip dengan mouse terdapat bola
kecil pada permukaanya.
· Joystick.
· Touch screen
· Light pen digitizing tablet
3. Terminal , adalah gabungan dari keyboard dan
layar monitor yang dapat menerima input data dan ditampilkan ke layar monitor.
Ada tiga macam terminal, yaitu;
· Dumb terminal, adalah terminal yang tidak
memiliki kemampuan untuk melakukan proses data, karena tidak memiliki unit
control dan unit aritmatika/logika. Dumb terminal hanya bisa
menerima data dari keyboard dan menampilkan
informasi dari remote komputer yang terhubung dan sebaliknya. Contohnya adalah
PC yang terhubung dengan AS 400, berfungsi sebagai dumb terminal.
· Smart terminal, sudah mampu melakukan proses
pengolahan data.
· Intelligent terminal, terminal yang paling
tinggi tingkat kecerdasanya.
4. Optical reading device (scanner), adalah
peralatan input yang dapat mentransformasikan data tecetak kedalam komputer
secara langsung seperti gambar, tulisan dan lain-lain. Jenis-jenis scanner ;
· Optical character recognition (OCR), scanner
ini akan mengenali karakter dari suatu dokumen tercetak.
· Optical mark reader, membaaca data dari bagian
yang sudah diberi tanda pada kertas/form tertentu.
· Barcode reader, membaca data dari code-code
tertentu yang tertera pada suatu produk.
· Handprint reader.
· Image scanner.
5. Magneting reading device (MRD)
Membaca sumber data yang bersifat magnetic, jenis MRD antara
lain;
· Magnetic ink character recognition (MICR),
membaca tinta magnetic.
· Digital camera
6. Voice and sound input
7. Touch tone input device, mentransformasikan
nada tekanan.
8. Multimedia audio device, contoh ; televisi,
video cassette recorder, video camera.
b. PERALATAN KELUARAN (OUTPUT DEVICE)
Adalah peralatan yang dapat menerjemahkan hasil pengolahan data
ke user. Adapun jenis output adalah sebagai berikut;
1. Visual display (monitor)
2. Printer, berdasarkan alat cetaknya dapat
digolongkan atas;
3. Impact printer
· Dot matrix printer, mencetak dengan sistem dot
(titik)
· Chain printer, menggunakan rantai berisi
karakter.
· Band printer, pita besi berisi karakter.
· Drum printer, karakter diletakan dipermukaan
luar drum metal.
b. Non impact printer (tidak bersentuhan dengan
kertas yang akan dicetak)
· Inkjet printer, pipa penyemprot tinta.
· Laser printer.
· Thermal printer
Berdasarkan cara cetaknya, printer dibedakan atas;
· Character printer, mencetak perkarakter tiap
waktu.
· Line printer, mencetak perbaris tiap waktu.
· Page printer, mencetak perhalaman.
3. Plotter, peralatan khusus pencetak
gambar/grafik. Terdiri dari dua komponen yakni flatbed (badan plotter) dan drum
(penggulung kertas yang besar)
C. PERALATAN PROSES (PROCESS DEVICE)
Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program
diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukan melalui alat input dan
hasilnya ditampilkan melalui alat output. Alat pemroses terdiri atas central
processing unit (CPU) dan main memory.
1. Central Processing Unit (CPU)
Merupakan bagian dari komputer yang
mengeksekusi atau menjalankan instruksi-instruksi program dan memproses data
sperti perhitungan. Program adalah rangkaian atau kumpulan instruksi yang
bertujuan menjalankan tugas tertentu. CPU memilioki dua komponen utama yaitu;
a. Control Unit (CU)
Bagian ini berfungsi untuk mengawasi dan mengatur aktivitas
prosesor. Control unit diidentikan dengan bagian otak yang mengawasi dan
mengatur seluruh kegiatan seperti bekerja, bermain, belajar dan sebagainya.
Semua kegiatan yang dilakukan komputer dilaksanakan sesuai dengan instruksi
yang diterima oleh control unit. Disini control unit hanya bertugas mengawasi
saja, dan bukan sebagai otak dari komputer.
b. Arithmatic Logic Unit (ALU)
Bagian ini berfungsi melakukan perhitungan operasi aritmatika
dan logika. Operasi aritmatika yaitu melakukan perhitungan matematika, sedang
operasi logika yaitu membandingkan suatu elemen informasi dengan yang lainya
terdiri atas <, >, >=, <=, =, dan <>.
Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa alat
penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.
Register
Register merupakan tempat penampungan/penyimpanan
sementara (temporary storage) yang ada di processor (bukan di memory utama).
Register dapat menyimpan instruksi, alamat penyimpanan, atau jenis data lainya.
Register dapat memindahkan data dan instruksi lebih cepat dibanding dengan
memory utama dan juga dapat menyimpan instruksi yang akan diproses dan hasil
proses tersebut. Register juga dapat membantu ALU dalam menjalankan operasi
aritmatika dan logika.
Register harus memiliki ukuran yang cukup
besar untuk menyimpan instruksi, contohnya untuk instruksi komputer dengan
panjang 32 bit, register juga harus memiliki panjang minimal 32 bit.
Ada 4 tipe register yaitu;
· Register penyimpanan (storage register)
Menyimpan data sementara yang dipindahkan dari memory dan
menerima hasil proses yang akan dikirim ke memory.
· Register alamat (address register)
Menyimpan alamat-alamat data yang akan digunakan untuk
menjalankan instruksi.
· Accumulator
Menyimpan hasil perhitungan aritmatika. Data kemudian dipindah
ke memory atau register lain untuk diproses lebih lanjut.
· General purpose register, Mampu menyimpan
data, alamat, dan hasil perhitungan aritmatical Binary
digit
v EBCDIC (extended
binary coded decimal interchange code) menggunakan 8 bit.
v ASCII (American
standard code for information interchange) menggunakan 7 bit.
v Unicode menggunakan 16
bit.
perbedaan primary storage dan secondary storage
Primary Storage
|
Secondary Storage
|
Penyimpanan data
sementara
|
penyimpanan data
permanen
|
Menyimpan data dalam
keadaan komputer menyala
|
Mampu menyimpan data
dalam keadaab komputer mati.
|
tidak dapat
menyimpan aplikasi besar
|
Mampu menyimpan
aplikasi yang besar
|
2.2. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Sebuah program komputer yang
berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan menggunakan bahasa khusus yang
member perintah kepada komputer untuk melakukan berbagai pengoperasian terhadap
data. Software juga termasuk data elektronik yang disimpan komputer. Pengolahan
software melibatkan beberpa hal seperti sistem operasi, program, dan data.
PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Era
Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses
komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa
print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang
secara berurutan di proses.
Era
Stabil, komputer sudah mulai digunakan secara luas
terutama keperluan industry (bermunculanya perusahaan perangkat lunak).
Pernagkat lunak sudah mampu menjalankan proses tidak hanya satu-persatu tetapi
secara bersamaan (multy tasking) dan mampu menyelesaikan (multy user) dengan
cepat. Mulai dikenal pula sistem basis data yang memisahkan program pemroses
dengan data yang diproses.
Era
Mikro, pembedaan perangkat lunak menjadi dua yakni
perangkat lunak sistem untuk menangani internal software dan aplikasi yang
digunakan oleh user untuk keperluan tertentu dan keduanya mengaraj ke
kecerdasan buatan.
Era Modern, perkembangan perangkat lunak semakin pesat dan bukan lagi hanya
ditujukan pada komputer tapi sudah ada pada peralatan elektronik untuk mengatur
operasi peralatan itu dan selanjutnya mengarah ke konsep yang pernah
direncanakan Sun Microsystem (pembuat JAVA) yakni semua peralatan teersebut
dapat terhubung ke suatu sistem untuk saling berkomunikasi dengan tingkat
kecerdasan yang lebih tinggi.
FUNGSI PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak memiliki beberapa fungsi diantaranya;
· Menyiapkan aplikasi program komputer agar
kerja seluruh peralatan terkontrol.
· Mengidentifikasi program
· Mengatur pekerjaan lebih efisien
KATEGORI PERANGKAT LUNAK
Jenis-jenis perangkat lunak berdasarkan
lisensi . Menurut Microsoft
dalam“The Hallowen Document”, terdapat beberapa jenis
lisensi yang dapat digunakan untuk program komputer, yaitu:
· Lisensi
Commercial, adalah
jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan
Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain sebagainya. Software yang
diciptakan dengan lisensi ini memang dibuat untuk kepentingan komersial
sehingga user
yang
ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan izin penggunaan dari
pemegang hak cipta.
· Lisensi
Trial Software, adalah
jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk keperluan demo dari sebuah
software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau biasanya sudah diluncurkan
tetapi memiliki batas masa aktif. Lisensi ini mengizinkan pengguna untuk
menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun
karena bersifat demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki
fungsi dan fasilitas selengkap versi komersialnya. Dan biasanya dibatasi oleh
masa aktif tertentu.
· Lisensi
Non Commercial Use, biasanya
diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu dibidang sosial.
Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan penggunaan
tertentu.
· Lisensi
Shareware, mengizinkan
pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta
izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak
dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur yang lengkap. Lisensi
jenis ini biasanya ditemui pada software perusahaan kecil.
· Lisensi
Freeware, biasanya
ditemui pada software yang bersifat mendukung, memberikan fasilitas tambahan
atau memang free/gratis. Contoh yang bersifat mendukung antara lain adalah
plug-in tambahan yang biasanya menempel pada software induk seperti Eye Candy
yang menempel pada Adobe Photoshop.
· Lisensi
Royalty-Free Binaries, serupa
dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang ditawarkan adalah library yang
berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan merupakan suatu software
yang berdiri sendiri.
· Lisensi
Open Source, membebaskan
usernya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah,
dan meningkatkan kinerja software. Berbagai jenis lisensi open source
berkembang sesuai dengan kebutuhan, misalnya GNU/GPL, The FreeBSD,
2.3.BRAINWARE
Brainware computer adalah setiap orang yang
terlibat dalam kegiatan pemanfaatan computer atau sistem pengolahan data.
Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoprasikan
dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware computer dan software computer.
Tanpa adanya brainware, mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun
dapat dimanfaatkan.
Dalam
pemanfaatannya Brainware dibagi menjadi 4, yaitu :
1. System Analyst adalah seseorang
yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan
merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan system yang paling sesuai dengan
kebutuhan organisasi atau perusahaan.
2. Programmer adalah seseorang yang
mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti
bahasa C, pascal, ataupun Java. Programmer juga dapat dikatakan sebagai pembuat
dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem
komputerisasi yang dirancang.
3. Administrator adalah seseorang
yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program – program yang
berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. Jenis –
Jenis administrator
• System administrator: yang bertangung jawab
agar sistem informasi berjalan
• Nerwork administrator: bertanggung jawab pada
jaringan
• Database administrator: bertanggung jawab pada
aspek lingkungan database
• Forum administrator: yang mengatur forum
online
4. Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem
computer yang sudah ada atau istilahnya hanya menggunakan aplikasi – aplikasi
keempat tingkatan di atas merupakan
brainware/pengguna umum dari sebuah sistem computer walaupun dalam dunia IT
masih banyak lagi brainware-brainware lainnya
5. Profesi Di Bidang IT
a. System Administrator
System administrator (dikenal juga sebagai admin, administrator,
sysadmin, site admin, dll) merupakan profesi yang memiliki tugas untuk
melakukan administrasi terhadap sistem, meakukan pemeliharaan sistem, memiliki
kewenangan mengatur hak akses terhadap sisem, serta hal-hal lain yang berhubungan
dengan pengaturan operasional sebuah sistem. Administrator atau system
administrator ini biasanya masuk ke dalam departemen atau divisi knologi dan
informasi dalam struktur organisasi perusahaan.
Ruang lingkup kerja system administrator ini sangat bervariasi
tergantung besarnya organisasi. Administrator dituntut untuk memelihara dan
menyelesaikan permasalahan pada bidang TI yang dikuasai. Administrator
sebelumnya sudah dipersenajtai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam
bidang teknologi informasi, khususnya dalam hal hal suppprting system,
mulai dari pelacakan masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan
troubleshooting masalah software. Bahkan dalam profesinya, administrator juga
memliki sertifikasi untuk spesialisasi tertentu.
Tugas system Administrator
• Merancang, melakukan dan menjaga
instalasi hardware dan software.
• Mendefinisikan dan mengidentifikasikan atribut
yang digunakan oleh user.
• Melakukan dokumentasi konfigurasi sistem.
• Melakukan tuning kinerja sistem komputer.
• Menyakinkan infrastruktur dan jaringan
komputer dalam keadaan baik.
• Melakukan backup dan restore.
• Menjawab masalah teknis dan memecahkan
masalah.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari pemaparan yang
telah kami jelaskan melalui bab sebelumnya, maka kami ambil kesimpulan bahwa:
Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankansuatu
aktifitas dengan menggunakan komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah
untuk mengolah data menjadi informasi.Komponen-komponen dalam sistem komputer
terbagi menjadi tiga bagian yang saling terkait/tidak bisa terpisahkan, yaitu:
1. Hardware
• Input Device
• output Device
• process Device
2.
Software
•
perkembangan perangkat lunak
• fungsi perangkat lunak
• kategori perangkat lunak
• fungsi perangkat lunak
• kategori perangkat lunak
3. Brainware
•
Administrator
• Operator
• Programer
• System Analyst
• Operator
• Programer
• System Analyst
0 komentar:
Posting Komentar